Restrukturisasi KPR BTN Lewat Website Tanpa Ribet

Restrukturisasi KPR

Restrukturisasi KPR BTN Kini Lebih Gampang Tanpa ke Kantor Cabang

 

Sejak pandemi COVID-19 berlangsung di Indonesia, berbagai kalangan masyarakat pun terdampak buruk perihal situasi perekonomiannya. Oleh karena itu, tidak sedikit yang melakukan Restrukturisasi KPR akibat berkurangnya omset atau pendapatan per bulannya. Pemerintah Indonesia pun melakukan program cepat tanggap, yaitu dengan menerbitkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK). Dengan program ini, restrukturisasi kredit menggambarkan usaha penyempurnaan yang dicoba bank buat debitur yang hadapi kesusahan menunaikan kewajibannya. Salah satu bank yang ikut serta dalam program ini, adalah Bank Tabungan Negara atau Bank BTN.

Restrukturisasi KPR yang diberikan Bank BTN memiliki lima skema yakni penurunan suku bunga, perpanjangan jangka waktu, pengurangan tunggakan pokok/bunga, penambahan fasilitas, atau konversi kredit menjadi penyertaan modal sementara. Skema-skema ini disesuaikan dengan riwayat dan data pada masing-masing debitur. Kemudian pihak BTN akan melanjutkan pada tahap penyeleksian apakah ajuan tersebut akan diterima ataupun dikembalikan. Bank BTN membiayai Masyarakat Berpendapatan Rendah (MBR) dan benar-benar terdampak pandemi virus Corona. Maka dari itu, debitur tidak dapat memilih skema yang ditawarkan Bank BTN. Mau tahu lebih lanjut seputar restrukturisasi kredit BTN? Intip selengkapnya di sini.

Konvensional

Proses restrukturisasi kredit yang disediakan Bank BTN terdiri dari Konvensional dan Syariah. Kedua ini merupakan jenis KPR yang pertama kali Anda pilih saat pengajuan. Kemudian langkah selanjutnya anda bisa lakukan lewat web resmi www.rumahmurahbtn.co.id tanpa perlu anda repot-repot pergi ke cabangnya. Tentu hal ini dilakukan untuk membantu meminimalisir risiko penyebaran virus COVID-19. Sebagai langkah awal, Anda perlu mengunduh ketiga formulir wajib isi, yaitu formulir permohonan restrukturisasi, formulir penghasilan, formulir pernyataan terdampak COVID-19. Selanjutnya anda pun diharuskan memberikan tanda tangan pada ketiga formuler atau data tersebut.

Pada formulir permohonan restrukturisasi, isi nama, nomor identitas, alamat angunan, nomor debitur, serta kewajiban angsuran berdasarkan Perjanjian Kredit, angsuran menunggak, alasan restrukturisasi, dan jumlah angsuran yang disanggupi. Kemudian formulir penghasilan mencakup nama debitur, nomor debitur, tempat/tanggal lahir, penghasilan (penghasilan debitur, pasangan, lainnya), pengeluaran (biaya hidup/keluarga, seperti biaya sekolah, listrik, transport, telepon, makan dan minum, lainnya, serta kewajiban lainnya seperti hutang di bank, hutang di koperasi, cicilan). Ketika ditotal, Anda bisa mengetahui kemampuan mengangsur, yaitu penghasilan bersih dikali 100%. Seluruh penghasilan bersih dapat dijadikan sebagai kemampuan mengangsur.

Untuk formulir pernyataan terdampak COVID-19, Anda wajib mengisi nama, NIK, tempat/tanggal lahir, nomor debitur, alamat agunan dan alamat tinggal, nomor handphone dan alamat email. Isi juga cabang kantor Bank BTN tujuan dan bidang usaha/pekerjaan/bisnis Anda. Setelah mengisi, ketiga formulir dan KTP di-scan atau difoto, serta melakukan swafoto/selfie tampak depan dengan memegang KTP dan ketiga formulir. Untuk bukti scan ataupun foto bisa anda berikan dengan kirim emal ke [email protected] dengan format email, yakni Judul email (Restrukturisasi BTN, Nama: Nomor Rekening). Nah usahakan pada setiap lampiran berkas atau file anda berikan keterangan nama lengkap di halaman belakang.

Pastikan no telepon, Whatsapp ataupun email Kamu aktif, sebab bila permohonan disetujui, debitur hendak menyambut data lewat metode di atas berisikan persetujuan restrukturisasi serta addendum Pengajuan Kredit( PK) dari aparat BTN.  Kemudian, apabila Anda menyetujui, debitur dapat menandatangani addendum PK dan mengirimkannya kembali kepada petugas Bank BTN. Selain melalui email, Anda juga bisa mengajukan langsung dengan mengisi Form Restrukturisasi Online dengan kelengkapan yang sama.

BTN Khusus Syariah

Untuk pelanggan Bank BTN Syariah yang lagi kejatuhan kasus serta kesusahan dalam melaksanakan pembayaran cicilan, bisa mengajukan permohonan restrukturisasi. Buat cara pengajuan dapat dicoba di web www.rumahmurahbtn.co.id, dengan langkah yang sama dengan KPR Konvensional. Lakukan download ketiga formulir, yaitu formulir permohonan restrukturisasi, formulir penghasilan dan formulir pernyataan terdampak COVID-19. Kemudian, lakukan scan/foto ketiga formulir dan KTP, sertakan juga swafoto/selfie tampak depan nasabah dengan memegang semua dokumen. Ketentuan judul email dan nama file lampiran pun sama dengan KPR Konvensional.

Semua surat dapat dikirimkan lewat email Kantor Cabang Syariah( KCS) tempat pengajuan pembiayaan. Ada 25 cabang KCS pada zona Jabodetabek( Jakarta Harmoni serta Pasar Minggu, Tangerang, Bogor, Bekasi), zona Jawa serta Banten( Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Solo, Semarang, Cirebon, Tasikmalaya, Tegal serta Cilegon), zona Sumatera( Batam, Ajang, Pekanbaru, Palembang, Banda Aceh), zona Kalimantan( Balikpapan, Banjarmasin), zona Sulawesi( Kendari, Makassar) serta zona Nusa Tenggara Barat( Mataram). Email selengkapnya bisa dilihat pada website Rumah Murah BTN.

Jika Anda ingin mengajukan melalui website langsung juga bisa lho! Isi lembar isian Restrukturisasi Online, semacam julukan, kantor cabang, no rekening kredit, no telepon, serta lampirkan scan ktp, blangko permohonan restrukturisasi, blangko pemasukan, blangko statment terdampak COVID- 19 dan swafoto atau selfie. Klik“ Ajukan” serta langsung terkirim pada aparat Bank BTN Syariah.

Cek Syarat Restrukturisasi KPR Di Sini

Untuk syarat pengajuan restrukturisasi kredit, yaitu debitur mengajukan permohonan restrukturisasi kredit, debitur yang dapat mengajukan keringanan cicilan KPR belum pernah menunggak pembayaran atau lancar, serta debitur yang usaha atau tempat kerjanya terdampak langsung atau tidak langsung, sehingga pendapatan atau penghasilannya menurun atau berkurang, dan tidak mampu membayar angsuran sesuai kewajiban.

 

Bila terdapat persoalan lebih lanjut, jalani live chat dengan agen BTN, Rara. Live chat dapat ditemui pada kanan dasar web yang berupa logo Rumah Ekonomis BTN. Data lebih lanjut hal restrukturisasi kredit, dapat Kamu miliki dengan bertamu Kantor Cabang BTN terdekat, ataupun contact center sah BTN di 1500- 286.