Puasa Ramadan merupakan ibadah wajib bagi umat muslim, namun sayangnya bagi para muslimah sering terhalang oleh tamu bulanan sehingga terbebani oleh hutang puasa Ramadhan. Maka dari itu seorang wanita muslim wajib hukumnya untuk memahami dan melaksanakan yang namanya penggantian puasa Ramadhan sebelum bulan Ramadhan selanjutnya datang. Berikut ini ulasan lengkap tentang niat mengganti puasa Ramadhan karena haid:

 

1. Doa Niat Mengganti Puasa Ramadhan Karena Haid

 

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءِ فَرْضِ شَهْرِ رَمَضَانَ لِلهِ تَعَالَى

 

Nawaitu shauma ghadin ‘an qadhā’I fardhi syahri Ramadhāna lillâhi ta’âlâ.

 

Artinya: “Aku berniat untuk mengqadha puasa Bulan Ramadhan esok hari karena Allah SWT.”

 

2. Ketentuan Niat Mengganti Puasa Ramadhan Karena Haid

Lewat surat Al Baqarah ayat 184, Allah SWT berfirman bahwa diwajibkan bagi setiap umat muslim untuk menjalani puasa ganti puasa Ramadhan bagi yang mampu melaksanakannya.

 

أَيَّامًا مَّعْدُودَٰتٍ ۚ فَمَن كَانَ مِنكُم مَّرِيضًا أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ أَيَّامٍ أُخَرَ ۚ وَعَلَى ٱلَّذِينَ يُطِيقُونَهُۥ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ ۖ فَمَن تَطَوَّعَ خَيْرًا فَهُوَ خَيْرٌ لَّهُۥ ۚ وَأَن تَصُومُوا۟ خَيْرٌ لَّكُمْ ۖ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ

 

Ayyāmam ma’dụdāt, fa mang kāna mingkum marīḍan au ‘alā safarin fa ‘iddatum min ayyāmin ukhar, wa ‘alallażīna yuṭīqụnahụ fidyatun ṭa’āmu miskīn, fa man taṭawwa’a khairan fa huwa khairul lah, wa an taṣụmụ khairul lakum ing kuntum ta’lamụn

 

Artinya: “(yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka barang siapa di antara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Dan wajib bagi orang-orang yang berat menjalankannya (jika mereka tidak berpuasa) membayar fidyah, (yaitu): memberi makan seorang miskin. Barang siapa yang dengan kerelaan hati mengerjakan kebajikan, maka itulah yang lebih baik baginya. Dan berpuasa lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”

 

Jika anda berpuasa tanpa niat puasa ganti ramadhan karena haid, maka puasa anda menjadi tidak sah.

 

Sekian ulasan tentang niat dan ketentuan dalam puasa untuk mengganti puasa ramadhan karena haid untuk para muslimah yang taat, semoga bermanfaat bagi yang belum tahu silakan segera jalankan puasa pengantian ini setelah bulan Ramadhan nanti sebelum Ramadhan selanjutnya datang menghampiri. Semoga kita semua dapat bertemu dengan bulan Ramadhan selanjutnya, aamiin..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.