Kontrol Berat Badan Ibu Hamil Dengan 5 Cara Sehat & Mudah

Berat Badan Ibu Hamil

Kontrol Berat Badan Ibu Hamil Dengan 5 Cara Sehat & Mudah

Kehamilan pada wanita akan mempengaruhi produksi beberapa hormon yang dapat mempengaruhi perubahan perasaan dan selera makan. Umum, wanita hamil juga rentan mengalami kenaikan berat badan. Hal ini tentu sangat wajar, namun Anda juga harus memperhatikan berat badan ideal untuk ibu hamil. Jika ibu hamil mengalami obesitas ini dapat berdampak tidak baik terhadap janin dan proses melahirkan nanti. Kontrol berat badan ibu hamil dapat dilakukan dengan cara yang sehat serta mudah untuk dilakukan.

Tips Kontrol Berat Badan Ibu Hamil

Setiap ibu hamil tentu ingin menjalani proses kehamilan yang lancar dan sehat, baik ibu dan juga sang bayi yang ada di dalam perut. Berikut merupakan cara mudah yang dapat Anda lakukan agar berat badan terkontrol selama hamil.

Konsumsi Makanan Sehat

Ibu hamil wajib mengkonsumsi makanan yang sehat untuk mendukung kesehatan sang ibu dan juga bayi yang ada di dalam kandungan. Makan yang sehat yaitu makanan yang memiliki kandungan gizi yang lengkap seperti vitamin, mineral, karbohidrat, lemak dan protein. Semua komponen tersebut sangat diperlukan oleh janin untuk dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Usahakan Anda tidak mengkonsumsi makan yang mengandung banyak penyedap rasa dan pengawet.

Kendalikan Nafsu Ketika Ngidam

Ngidam adalah hal yang umum dialami oleh para wanita hamil. Ngidam merupakan kondisi dimana Anda sangat menginginkan makanan tertentu. Anda tidak perlu khawatir karena ini merupakan hal yang normal dan wajar. Namun, yang harus Anda perhatikan yaitu porsi konsumsi makanan tersebut. Jangan mengkonsumsi makanan tersebut secara berlebihan meskipun  Anda sangat menginginkannya. Akan lebih baik lagi jika Anda mengkonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter kandungan Anda. Dikhawatirkan jenis makanan tertentu tidak baik untuk Anda dan bayi Anda.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Mengkonsumsi banyak air putih memang banyak disarankan untuk menjaga kesehatan. Selain berfungsi untuk menjaga kesehatan organ ginjal, air putih juga dibutuhkan agar kita tidak mengalami dehidrasi. Ibu hamil pun disarankan untuk memperbanyak konsumsi air putih yaitu sekitar 2,5 liter atau 3 liter per hari. Dengan banyak minum air putih, berat badan ibu hamil pun akan lebih terkontrol.

Olahraga Teratur

Ibu hamil harus tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan berolahraga. Gerakan-gerakan yang dilakukan ketika berolahraga dapat melancarkan peredaran darah dan persendian. Selain itu, olahraga juga akan membantu ibu hamil untuk mendapatkan berat badan ideal selama kehamilan.

Menariknya lagi, olahraga juga berguna dalam proses persalinan nanti. Hal yang perlu Anda perhatikan yaitu memilih olahraga yang tepat. Anda dapat memilih olahraga seperti yoga, senam kesegaran jasmani atau olahraga ringan lainnya.

Makan Sering Dengan Porsi Kecil

Untuk menyiasati rasa ingin makan yang berlebihan Anda dapat membagi makanan Anda menjadi porsi kecil. Bagi porsi makan normal Anda menjadi beberapa bagian sehingga Anda dapat memakannya berkali. Langkah ini cukup efektif untuk membantu Anda dalam mengontrol berat badan.

Konsumsi Susu Kehamilan

Ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan pendamping seperti susu khusus ibu hamil. Hal ini dikarenakan susu kehamilan telah diformulasikan khusus untuk mencukupi kebutuhan gizi ibu dan bayi yang dikandung. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengkonsumsi makan yang berlebihan untuk memenuhi kebutuhan gizi selama kehamilan.

Prenagen merupakan susu kehamilan yang banyak direkomendasikan karena memiliki banyak manfaat baik. Kandungan asam folat pada susu ini dapat membantu proses pertumbuhan janin sehingga bayi dapat terlahir dengan sempurna. Selain itu, ibu hamil juga dapat mengurangi rasa mual dengan mengkonsumsi susu ini.