Apa Itu Internet of Things & Manfaatnya di Industri Manufaktur?

apa itu internet of things

Apa itu internet of things atau IoT bagi dunia manufaktur? Pertanyaan seperti ini merupakan pertanyaan yang pasti muncul di dunia yang sudah berbasis teknologi. Sebelum kita membahas kaitan antara internet of things dengan bidang manufaktur kita pahami terlebih dahulu apa itu internet of things secara general.

Teknologi kita tau sudah merambah kesemua aspek kehidupan manusia baik itu kehidupan personal maupun kehidupan bermasyarakat tak terkecuali dunia industri. Jika awalnya teknologi berkembang berbasis jaringan nirkabel maka sekarang sudah berkembang menjadi wireless atau tanpa kabel. Hal ini sesuai dengan maksud dari internet of things sendiri. Yaitu sebuah teknologi baru yang berkembang dengan kelebihan lebih fungsional dan dapat bekerja tanpa memerlukan bantuan kabel atau wireless.

Karena teknologi IoT sudah masuk kesegala bidang kehidupan, termasuk industri manufaktur. Kita sebagai pelaku industri harus pandai dalam memanfaatkannya dan menjadikan industri manufaktur menjadi lebih efektif dan efisien sehingga bisa memberikan keuntungan bagi semua orang. Jika kamu masih belum paham terkait apa itu internet of things dan kaitannya dengan aplikasi manufaktur. Kita akan mencoba membahasnya untuk kamu melalui ulasan berikut ini.

Apa Itu Internet of Things?

Internet of things merupakan sebuah program pada suatu objek yang mempunyai kemampuan untuk megirimkan data lewat suatu jaringan dan tidak membutuhkan bantuan seperangkat komputer maupun manusia untuk mengoperasikannya. Sejak adanya teknologi ini IoT terus berkembang kesegala bidang kehidupan termasuk industri. Berikut ini beberapa perkembangan teknologi yang berbasis IoT:

  • Konvergensi teknologi nirkabel
  • MEMS atau Microelectromechanical
  • Jaringan internet
  • QR Code atau Quick Responses Code
  • RFID atau Radio Frequency Identification untuk komunikasi
  • Teknologi nirkabel
  • Google Ai
  • Amazon Alexa
  • Smart City

Teraplikasikannya IoT dalam berbagai hal di atas tentunya mempermudah kehidupan manusia menjadi lebih praktis dan efisien. Namun selain hal di atas internet of things juga mempunyai peran dalam berjalannya sebuah industri manufaktur. Tapi sebelum itu kita belajar terkait unsur-unsur yang ada di IoT yaa, dengan begitu kita akan lebih paham akan maksud dari teknologi ini.

Unsur-Unsur yang Ada di Internet of Things

Tahukah kamu bahwa ada lima unsur yang membentuk internet yang patut untuk kamu ketahui. Dengan begitu kamu menjadi semakin paham bagaimana memanfaatkannya.

  • Artificial Intelligence / AI

Sesuai dengan namanya Artificial Intelligence merupakan teknologi dengan smart berpikir dimana teknologi ini bertugas untuk mengumpulkan semua data, pengembangan algoritma, lalu pemasangan jaringan dari sebuah alat kecerdasan buatan. Contoh dari penggunaan AI adalah terpasanganya teknologi tersebut di robot restaurant Jepang sehingga bisa melayani pelanggan dengan efisien.

  • Konektivitas

Konektivitas yang kita kenal merupakan sebuah hubungan antar jaringan, yang mana berjalan tanpa menggunakan kabel sehingga lebih efektif dan efisien. Bahkan pada beberapa pemasangan jaringan internet tidak membutuhkan biaya yang besar dan jaringannya pun bisa lebih sederhana.

  • Menggunakan Perangkat Kecil

Berkembangnya teknologi mengupayakan sebuah perangkat kecil yang murah tetapi sudah efektif dan mampu memberikan layanan yang memuaskan. Dan hal ini bisa kalian temukan di IoT yang sedang berkembang saat ini. Harapannya nanti penerapan IoT menjadi lebih kompleks dan semakin memudahkan manusia.

  • Sensor

Internet of Things menggunakan sensor untuk mendefinisikan suatu instrument sehingga bisa berubah dari jaringan standar menjadi sebuah sistem yang aktif dan terintegrasi di dunia nyata.

  • Aktif

Adanya IoT sangat menguntungkan dimana teknologi ini menggunakan metode paradigm aktif untuk semua konten, lalu produknya dan berbagai layanan yang ada.

Inti dari IoT adalah memudahkan pekerjaan manusia menggunakan argumentasi dari sebuah algoritma bahasa pemrograman yang telah mereka buat. Dari argument tersebut akan timbul sebuah interaksi yang akan menggerakkan mesin untuk melakukan kerja. Sehingga manusia hanya tinggal mengawasi dan memonitoring dari kerja mesin tersebut. Di Indonesia sendiri vendor IoT sudah sangat beragam, salah satunya adalah Telkomiot.com yang merupakan bagian dari Telkom Indonesia sebuah perusahaan yang bergerak di bidang komunikasi dan jaringan.

Contoh Penerapan IoT di Industri Manufaktur dan Manfaatnya

Telkomiot.com merupakan vendor IoT Indonesia yang sudah terjun langsung dalam pengaplikasiannya di industri manufaktur. Adanya internet of things di industri tersebut tentunya memberikan banyak sekali manfaat dan membantu produksi menjadi lebih efisien sehingga bisa menjawab permintaan pasar. Berikut ini beberapa manfaat IoT untuk melahirkan smart manufacturing di Indonesia.

  • Berbagai Plant Pabrik Bisa Terhubung Secara Seamless

Adanya internet of things tentunya membuat sebuah instrument dan sistem di pabrik menjadi lebih praktis baik itu dari segi manajemen maupun operasional. Sehingga segala informasi bisa terkirim secara real time dari orang lapangan ke staf kantor. Hal tersebut tentunya membuat proses administrasi dan operasional menjadi lebih efisien.

  • Mengidetifikasi Bottleneck dengan Cepat

Dalam sebuah produksi yang sudah menggunakan internet of things maka semua data sudah terkolektif. Sehingga apabila terdapat bottleneck kita bisa dengan cepat mengetahuinya dan tinggal menganggu proses produksi yang lain. Selain itu jumlah limbah dari proses produksi juga bisa berkurang dan jauh lebih terprediksi.

  • Manajemen Inventaris Berkualitas

Karena IoT khususnya RFID bisa menyajikan data yang real time maka akan pekerjaan akan minim kesalahan karena perusahaan atau pabrik bisa lebih cepat mengidentifikasinya. Tag RFID yang mempunyai kode unik akan menginformasikan pada pusat dan pusat memberikan feedback baik itu berapa lama lagi mesin tersebut harus dipakai dan sebagainya. Selain itu dengan IoT juga bisa melakukan asset tracking, stok opname, dan inventaris lainnya.

  • Industri Manufaktur Lebih Aman dan Nyaman

Jika kamu menggunakan vendor IoT dari Telkom maka produktivitas pabrik akan jauh lebih meningkat. Sehingga perusahaan bisa mengurangi jumlah lembuh karyawan, meminimalisir kerusakan pada mesin, tepat jadwal maintenance, dan bahkan bisa mengurangi kecelakaan kerja secara general.

  • Area Industri Lebih Aman dan Berkembang

Berbicara soal keamanan ternyata penggunaan internet of thing bisa membuat data perusahaan menjadi lebih aman, maintenance mesin produksi lebih terprediksi, lebih hemat energi, mutu produk menjadi lebih terjaga, dan sebagainya.

Dari berbagai manfaat di atas tentunya kita paham bahwa internet of things atau IoT sangat mendukung industri manufaktur Indonesia untuk berkembang. Sehingga bisa meningkatkan daya jual beli produk manufaktur di negeri sendiri. Hal tersebut tentu akan memberikan keuntungan bagi perusahaan, masyarakat dan negera. So segera gunakan vendor IoT berkualitas dari Telkom untuk membantu perusahaanmu menjadi lebih berkembang dengan mutu terbaik.