3 Manfaat Fitur Cash Flow pada Sofware Akuntansi

fitur cash flow

Fitur cash flow yang terdapat pada software akuntansi merupakan fitur yang sangat penting loh dan setiap perusahaan pasti membutuhkannya. Karena dengan adanya fitur ini sebuah perusahaan bisa membuat prediksi, apakah perusahaannya bisa bertahan atau terpaksa harus gulung tikar.

Sebenarnya pada software akuntansi sangat banyak fitur yang disediakan. Apabila kamu menilik halaman web https://www.jurnal.id/id/fitur/aplikasi-akuntansi/ kamu akan menemukan dari mulai fitur akun terdaftar, kemudian fitur perhitungan laba dan rugi, fitur perhitungan kas masuk dan keluar atau cash flow dan sebagainya.

Nah kali ini kita akan mencoba mengulik terkait cash flow yang ada pada software akuntansi. Sebuah strategi bisnis akan menjadi ideal ketika sesuai dengan strategi keuangan yang ada pada perusahaan. Dalam hal ini adalah cash flow perusahaan yang harus kita buat pertimbangan. Nah cash flow suatu perusahaan bisa dibuat perkiraannya dengan menggunakan software akuntansi yang sekarang ini wajib digunakan oleh sebuah perusahan dari berbagai bidang.

Sebenarnya apa sih manfaat fitur cash flow ini, apakah benar pengaruhnya begitu besar hingga bisa memprediksi masa depan sebuah perusahaan. Hmm daripada kita tebak-menebak, ada baiknya kita langsung saja membahas per poin manfaat dari fitur cash flow ini.

Manfaat Fitur Cash Flow pada Sofware Akuntansi yang Beredar Luas di Indonesia

Fitur cash flow merupakan salah satu fitur diantara fitur yang lain yang bisa kamu temukan di website halaman https://www.jurnal.id/id/fitur/aplikasi-akuntansi/. Nah fitur ini sejatinya akan membantu kalian untuk membuat perkiraan arus kas masuk dan keluar. Sehingga proyeksi perusahaan ke depan bisa terlihat secara datanya. Pada fitur ini kalian juga berkesempatan untuk melihat bulan apa yang surplus tunai dan bulan apa yang deficit. Secara konseptual manfaat fitur cash flow bisa terurai pada artikel ini.

  • Mempermudah indentifikasi pokok masalah keuangan perusahaan

Dengan menggunakan aplikasi akuntansi yang mempunyai fitur cash flow membuat kamu bisa memperkirakan adanya kegagalan perusahaan atau defisit yang berlebih beberapa bulan sebelum hal tersebut terjadi. Sehingga kamu bisa mencari solusi untuk mencegah hal tersebut terjadi, misalnya dengan melakukan peminjaman dan penjualan aset perusahaan serta sebagainya.

Selain itu dengan melihat laporan cash flow yang bisa kamu cetak kapanpun laporannya, akan membuat kamu bisa menetapkan kapan penagihan hutang kamu lakukan, kemudian pembuatan faktur dilakukan lebih dulu, lalu merundingkan persyaratan pemasok, dan sebagainya. Hal tersebut tentunya akan membantu adanya arus cash flow menjadi lebih lancar atau positif.

  • Bisa membuat perusahaan selalu untung atau berlaba

Saat menggunakan fitur cash flow otomatis kamu akan tau periode kapan perusahaan akan defisit  sehingga alhasil bisa dilakukan pencegahan. Karena sejatinya jika perusahaan kita biarkan mengalami defisit maka tak lama lagi perusahaan akan kehilangan kemampuan untuk mendanai proyek perusahaan.

  • Cash flow sebagai bahan pengajuan pinjaman ke bank

Saat kamu bisa mencetak laporan cash flow perusahaan, maka pada periode kamu membutuhkan dana yang besar. Laporan tersebut bisa kamu gunakan untuk bahan peminjaman dana ke berbagai bank yang ada di Indonesia. Karena dari laporan tersebut juga kita bisa tau kondisi perusahaan seperti apa beberapa bulan ke depan. Baik itu kondisi pemasukan ataupun kondisi pengeluaran perusahaan.

Nah jika beberapa waktu ke depan kondisi perusahaan sudah secured, maka kamu bisa menggunakan dana pemasukan yang berlebih untuk dikelola lebih lanjut.

Pemanfaatan Dana Arus Kas Perusahaan

Nah saat mengelola dana arus kas perusahaan kamu bisa memilih antara dua, yaitu mau disimpan saja atau diinvestasikan. Karena pada dasarnya dana tersebut bisa dibagi menjadi tiga fungsi.

1. Dana Likuiditas

Dana ini bisa kamu gunakan untuk berbagai kebutuhan operasional perusahaan ataupun kamu cairkan saja dana tersebut.

2. Dana Anti Inflasi

Nah jika dana yang ini bisa kamu simpan yaa, karena dana ini akan berfungsi nanti jika terdapat periode dimana ada penurunan kuantitas pembelian. Sehingga dana bisa dikeluarkan secepatnya pada kondisi tersebut.

3. Dana Capital Growth

Dana ini bisa kamu buat untuk menambah aset perusahaan kamu loh dalam jangka waktu yang panjang.

Demikianlah manfaat yang akan kamu rasakan saat menggunakan fitur cash flow yang ada di software akuntansi. Selain fitur ini kamu juga boleh mencoba fitur lain pada aplikasi yang sama yaitu Jurnal.id. Untuk fitur yang lain langsung saja cek secara detailnya di halaman web https://www.jurnal.id/id/fitur/aplikasi-akuntansi/ sehingga kamu bisa survey lebih lanjut lagi.