Remaja adalah usia dimana kita baru memasuki masa puber dan mengalami banyak perubahan pada fisik mereka. Terutama siklus haid yang harus mereka lewati setiap bulannya. Tapi taukah kamu bahwa remaja juga ada yang haidnya tidak lancar? Lantas apa sih penyebab haid tidak lancar pada remaja kisaran umur 12 tahun?

Selain penyebab haid tidak lancar kita juga akan membantu kalian dengan cara alami mengatasinya. Sehingga kalian tidak perlu bingung apabila kalian mengalami haid tidak lancar padahal usia masih belasan.

Apa Penyebab Haid Tidak Lancar di Usia Remaja?

Seperti yang kita tau beberapa tahun pertama saat kamu mulai haid ada fase dimana haid kamu tidak lancar dan bisa kita katakan itu wajar. Siklus haid pada remaja usia 12 tahun ke atas tentu berbeda-beda ada yang rata-rata 28 hari ada yang sampai 35 hari baru haid lagi. Durasinya juga cukup teratur yaitu rata-rata 7 hari.

Nah ada faktor ataupun berbagai kondisi yang menjadi penyebab haid tidak lancar pada remaja. Tentunya hal ini membuat orangtua harus waspada dan mencari solusi apa yang harus mereka lakukan kalau sudah begitu, simak ulasannya:

  • Remaja Memasuki Usia Puber

Saat memasuki usia pubertas seorang remaja usia 12 tahun wajar apabila mempunyai siklus haid yang tidak teratur. Hal tersebut karena adanya perubahan kadar hormone estrogen dan juga progesterone pada tubuh mereka sehingga siklus normalnya terganggu.

  • Mempunyai Hormon Androgen Berlebih

Hormon androgen adalah hormon yang berhubungan dengan pertumbuhan rambut pada tubuh kita. Nah apabila kadarnya  naik maka siklus haid akan tidak teratur dan berat badan pun menjadi lebih mudah naik.

  • Stress Berlebih

Stress pada remaja usia 12 tahun ke atas juga bisa mempengaruhi siklus haid menjadi tidak teratur. Bisa jadi mereka terlalu banyak memikirkan tugas-tugas sekolah yang belum terselesaikan atau hal lain yang mempengaruhi pikiran mereka.

  • Olahraga yang Over

Olahraga memang bagus untuk fisik dan kesehatan tubuh kita. Namun jika kamu terlalu berlebihan dan memforsir tubuhmu maka kamu bisa terkena amenore yang merupakan siklus haid yang sudah terlewati atau berhenti. Nah hal yang perlu kamu lakukan adalah mengurangi intensitas olahraga kalian dan juga memperbanyak konsumsi kalori.

  • Berat badan Turun

Jika kamu sedang diet dan berat badanmu turun berhati-hatilah siklus haidmu akan terganggu. Hal tersebut karena tubuh kamu kekurangan kalori sehingga hormon untuk proses ovulasi produksinya terganggu. Selain itu jika penurunan berat badanmu disertai dengan lemah, letih dan lesu maka sebaiknya segera datang ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

  • Berat Badan Naik

Sama dengan penyebab sebelumnya berat badan yang naik drastik bisa menjadi penyebab haid tidak lancar. Karena kadar hormon insulin terganggu dan berat badan yang naik bisa memicu PCOS dan juga hipotiroidisme. Sehingga kamu perlu membuat kalori dan membatasi asupan kalori yang masuk ke tubuh.

  • Adanya Gangguan di Tiroid

Gangguan di tiroid itu seperti hipoteroidisme, dimana siklus haid menjadi lebih lama dan pendarahan berlebih. Selain itu gejala lainnya juga kamu lebih cepat lelah, tubuh cepat kedinginan dan obesitas. Selain itu kamu juga memungkinkan untuk punya durasi haid yang pendek.

  • Konsumsi Obat-Obatan

Obat-obatan yang kamu konsumsi juga bisa menjadi penyebab haid tidak lancar. Diantaranya obat tersebut adalah obat pengencer darah, obat tiroid, epilepsy, anti-depresan, obat kemo, aspirin, sedang terapi penggantian hormon dan sebagainya.

Oleh karena itu remaja yang sedang mengkonsumsi obat di atas harus konsultasi dulu ke dokter untuk menanyakan obat apa yang harus kamu konsumsi tapi tidak mengganggu haid.

  • Endometriosis

Endometriosis adalah penyebab haid tidak teratur yang bisa menyebabkan jaringan pelapis rahim malah tumbuh di luar rahim. Salah satu gejalanya adalah kamu mengalami kram saat haid, darah mens terlalu banyak, durasi haid lebih panjang, bahkan saat sudah selesai haid darah tetap mengalir.

  • Fibroid Rahim

Ini merupakan pertumbuhan nonkanker yang terjadi pada remaja hingga dewasa usia 15 sampai 49 tahun. Fibroid rahin juga bisa memunculkan gejala seperti darah haid yang berlebih, durasi haid lebih lama, nyeri pada panggul, buang air kecil secara terus-menerus, sembelit, punggung sakit dan kaki yang sakit juga.

Penyebab haid tidak lancar seperti di atas harus kita pahami agar bisa segera terdeteksi dan terpecahkan solusinya. Sehingga siklus pun bisa kembali normal. Nah berikut ini cara alami yang bisa kamu lakukan untuk menormalkan siklus haid.

Cara Alami Normalkan Siklus Haid

Adapun beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar siklus haid atau menstruasi menjadi kembali lancar:

  • Lakukan yoga selain 35 menit hingga 40 menit, kamu bisa melakukannya sebanyak 5 kali dalam seminggu.
  • Jangan skip olahraga tetapi jangan berlebihan juga yaa. Karena PCOS sebenarnya bisa kamu atasi lewat olahraga.
  • Memakan nanas yang mengandung bromelain yang merupakan enzin pelunak dinding rahim. Sehingga darah kotor pun bisa meluruh secara rutin.
  • Mengkonsumsi cuka apel setiap harinya, karena cuka apel bisa menurunkan berat badan bagi yang obesitas, menurunkan gula darah dan kadar insulin juga. Kamu bisa mencampurnya dengan madu serta air agar rasanya tidak terlalu pahit.
  • Mengkonsumsi vitamin D dan B agar saat pra menstruasi dan saat menstruasi kamu tidak lemas dan siklus pun menjadi normal.
  • Mengontrol berat badan dengan cara yang sehat. Cari berat badan idealmu dan pertahankan itu agar siklus haid menjadi normal kembali.

Nah bagaimana apakah kalian sudah paham penyebab haid tidak lancar yang terjadi pada kalian? Jika sudah paham, yuk kalian bisa menormalkannya. Jangan membiarkannya apalagi kalian masih remaja, karena nantinya akan mempengaruhi proses ovulasi dan kesehatan organ reproduksimu secara keseluruhan. Jadi jangan abai, kalau memang gejala haid tidak lancar sudah muncul segera cari solusinya dan perbaiki pola hidup kalian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.